Friday, May 29, 2009

Bagaimana Mengetahui Ada Update Software di Ubuntu/Linux (Offline)?

Bila komputer tidak terhubung ke internet, dan ingin mengetahui apakah ada update untuk software-software di Ubuntu/Linux atau tepatnya paket-paket apa saja yang perlu di-update, yang perlu kita lakukan adalah mendownload package index files secara manual. Ketikkan perintah berikut di terminal.
(Oh ya, cara ini mungkin tidak disarankan bagi pemula, kecuali pemula yang berani/nekat, he he ... Kemungkinan terburuknya hanya backup semua file, kemudian instal-ulang :-)

$ sudo apt-get update --print-uris > indeks

Pada contoh di atas, file outputnya adalah “indeks”. Bukalah file tersebut, biasanya akan terdiri lebih dari satu baris, berikut contoh salah satu barisnya.

'http://archive.ubuntu.com/ubuntu/dists/jaunty/main/binary-i386/Packages.bz2' archive.ubuntu.com_ubuntu_dists_jaunty_main_binary-i386_Packages 0 :

Artinya kita harus mendownload http://archive.ubuntu.com/ubuntu/dists/jaunty/main/binary-i386/Packages.bz2, kemudian menyimpan file tersebut dengan nama archive.ubuntu.com_ubuntu_dists_jaunty_main_binary-i386_Packages. Setelah itu pindahkan file tersebut ke /var/lib/apt/lists/. Untuk memindahkan ke sana kita harus punya hak sebagai administrator, maka bukalah Nautilus dengan menekan [Alt+F2], kemudian ketikkan gksu nautilus, tekan [Enter].

/** Siapa yang tahu arti `0 :’ di akhir baris di atas :-) ?
*/

No comments:

Post a Comment