Sunday, July 12, 2009

Membuat Aplikasi GUI dengan C++

Saudara-saudaraku, apakah Anda termasuk orang-orang yang ingin membuat program/aplikasi berbasis GUI (Graphical User Interface) dengan C atau C++? Di Linux maupun di Windows? Dengan menggunakan Delphi, memang membuat aplikasi GUI terasa mudah, tetapi bagaimana dengan C/C++? Apakah kita juga bisa drag-and-drop control di atas form?

GTK+ dan gtkmm

Salah satu pilihan yang banyak digunakan dalam membangun aplikasi GUI adalah GTK+ (Gimp Toolkit, wikipedia). Entah kenapa banyak orang yang suka dengannya. Sederhananya, GTK+ adalah kumpulan/pustaka fungsi-fungsi dan object-object yang sudah siap untuk digunakan dalam membangun aplikasi GUI. GTK+ dapat digunakan di C maupun di C++.

Bila sudah terbiasa dengan segala sesuatu yang object-oriented (OO), mungkin di C++ atau bahasa lain, mungkin gtkmm dapat dipertimbangkan. Gtkmm merupakan wrapper (pembungkus) dari GTK+. Sederhananya, bila GTK+ umum digunakan di C (yang bukan asli object-oriented), gtkmm adalah versi OO-nya GTK+.

Dulunya, gtkmm diberi nama (atau akan diberi nama) gtk++, merujuk pada plus-plus-nya C++. Namun, karena GTK+ udah ada plus-nya di belakang, namanya menjadi gtk-- aja. Kalau tidak salah, karena "--" akan sulit digunakan dalam indexing, namanya menjadi gtkmm (gtk minus minus). Saya memahaminya seperti penamaan paket software debian yang biasanya dipisahkan dengan "-", misalnya ubuntu-desktop, sedangkan minus minus pada gtk-- bukan sebagai pemisah; entah bagaimana pemahaman yang benarnya (hehe...).

Langsung saja, karena saya lebih suka dengan gtkmm dan OOP (Object Oriented Programming), saya tentu saja lebih memilih untuk mendalami gtkmm walaupun saat itu (pertama belajar gtkmm) saya tidak begitu memahami GTK+. Dalam hal ini, sekarang saya masih dalam tahap belajar, jadi tidak tertutup kemungkinan akan ada yang salah dalam pemaparan saya tentang gtkmm maupun C++.

Mengenal gtkmm

Bukalah situnya gtkmm, http://www.gtkmm.org, disana Anda akan mendapatkan ilmu lebih banyak tentang gtkmm. Untuk tutorialnya, yang lumayan lengkap bisa diunduh di http://www.gtkmm.org/docs/gtkmm-2.4/docs/tutorial/pdf/programming-with-gtkmm.pdf. Isinya mulai dari instalasi, pengenalan, dan sebagainya. Lumayan tebal kalau di-print, jadi sebaiknya tidak di-print karena akan memakai banyak kertas. Ingat! Kertas itu dari pohon, pohon itu dari hutan. Hematlah menggunakan kertas demi hutan yang dikaruniakan Allah swt. pada kita.

Istilah yang mungkin akan sering ditemui dalam membangun aplikasi berbasis GUI di antaranya adalah widget. Widget dapat diartikan sebagai komponen-komponen penyusun form atau kotak dialog, bahkan (kalau tidak salah) form itu sendiri juga termasuk widget. Dalam membangun aplikasi berbasis GUI di Windows, widget ini dapat disamakan dengan control. Contoh widget antara lain button, text box (text entry), radio button, checkbox, combo box, dan sebagainya.

To be continued... (kalau sempat :))

No comments:

Post a Comment